Saturday, August 6, 2016

TKJ DAN KOMPUTER

Posted by YUSUF RICKY on 00:16 in | No comments

Assalamualaikum wr wb. 


A. pengertian

  Teknik komputer dan jaringan/(TKJ) adalah program keahlian yang bertujuan  untuk membekali peseta didik dengan ketrampilan, pengetahuan dan sikap agar kompeten dalam merakit,install program,merawat dan memperbaiki komputer dan juga membangun suatu jaringan. Nahhhh.....sekarang sudah  tau kan apa yang di namakan TKJ itu??? jika sudah paham kita lanjut untuk membahas apa itoe komputer/computare hehehehe -_- #plakkk

 B. komputer

   komputer adalah alat yang dipakai untuk mengolah datamenurut prosedur yang telah dirumuskan. Kata computer pada awalnya dipergunakan untuk menggambarkan orang yang perkerjaannya melakukan perhitungan aritmatika, dengan atau tanpa alat bantu, tetapi arti kata ini kemudian dipindahkan kepada mesin itu sendiri. Asal mulanya, pengolahan informasi hampir eksklusif berhubungan dengan masalah aritmetika, tetapi komputer modern dipakai untuk banyak tugas yang tidak berhubungan dengan matematika.

C. bagian bagian komputer


  • Prosesor

 

  Komponen yang satu sering kali di ibarat dengan otak sebuah komputer, sesuai namanya processor adalah komponen yang bertugas memproses perintah dan logika yang diberikan oleh operator komputer.







  •  Ram


  Fungsi RAM komputer ( Random Acces Memory ) adalah sebagai memory utama didalam sebuah komputer yang digunakan untuk media penyimpanan sementara saat komputer dalam keadaan hidup. RAM sering disebut sebagai memori utama komputer.



  • Motherboard 





Komponen induk dari sebuah komputer ini memegang peran yang sangat penting dalam stabilitas kinerja komputer, di bagian inilah seluruh komponen lainnya terpasang dan saling berkomunikasi antar bagian disini juga pengaturan seluruh kinerja komputer diatur, spesifikasi motherboard sangat berpengaruh terhadap ketahanan memproses sebuah komputer, terutama bagi gamers ataupun designer yang lebih mengutamakan akselerasi.



  • VGA

 
  berfungsi untuk menerjemahkan/mengubah sinyal digital dari komputer menjadi tampilan grafis pada layar monitor. Kartu VGA (Video Graphic Adapter) berguna untuk menerjemahkan output (keluaran) komputer ke monitor







  • Hardiks

  





 Fungsi hardisk sebagai media penyimpanan data pada komputer, kapasitas yang benar tentu saja berpengaruh terhadap jumlah data yang dapat kita simpan, ditambah lagi buffer yang besar akan membantu kecepatan transfer baik antar hardisk ataupun untuk proses suatu program.

  Fungsi lain dari hardisk untuk penyimapanan data yang bersifat mobile dengan sedikit penambahan casing pada hardisk laptop.



  • Optical drive diks

   Fungsi utama untuk pembacaan pada media CD ataupun DVD, memang secara fungsi sekarang kurang diminati karena banyaknya media penyimpanan yang bersifat mobile dan berkapasitas lebih besar daripada CD, DVD ataupun Blueray yang dapat diakses langsung tanpa menggunakan CD atau pun DVD





  • Monitor 
 

  berfungsi untuk menampilkan gambar dari video card, LCD mungkin lebih banyak daripada monitor tabung (CRT) selain kebutuhan listrik yang relatif ebih kecil dan hemat, kebutuhan ruang yang relatif kecilpun menjadi poin penting transisi dari CRT ke LCD, meskipun masyarkat banyak yang beralih ke LCD, beberapa profesi seperti design ataupun layout lebih bertahan di monitor CRT




  • Mouse dan Keyboard
 

  Dua item disamping berfungsi sebagai input sebuah komputer, tidak banyak yang bisa saya gambarkan pada bagian ini, hanya kenyamanan tangan dan jari yang mungkin menjadi pion penting kita sebelum membeli bagian ini.








  •  Casing dan Power supplay



   Casing dan power supply disebut juga unit sistem. Casing adalah sebuah kotak yang mewadahi chip prosesor (CPU), chip memori, dan motherboard serta dilengkapi dengan power supply. Kadang-kadang casing juga berisi alat penyimpan sekunder. Casing terdapat pada komputer model desktop atau tower. Casing berisi power supply dan kipas untuk mencegah panah berlebih.

   Power supply digunakan  sebagai alat untuk mengubah arus AC ke DC agar komputer bisa bekerja. Jadi, sebenarnya switch on/off yang ada di komputer dipakai untuk menghidupkan atau mematikan arus listrik di power supply



semoga bisa menambah wawasan anda!!!!!!!!!

sumber: http://ogiblctelkom.blogspot.co.id/2016/06/sejarah-internet-dan-pengertian-tkj.html

Assalamualaikum wr wb.

0 comments:

Post a Comment