Wednesday, August 10, 2016

Mikrotik

Posted by YUSUF RICKY on 00:51 in | No comments

Assalamualaikum wr wb.

  Hallo gaess!!!selamat pagi klaten???? 
 kali ini saya akan sedikit...bahkan sangat sedikit untuk menjelaskan tentang apa itu yang dinamakan "MIKROTIK" simak dengan seksama yha...

Oke kita langsung saja.....

A.Sejarah
   Pada tahun 1996 John Trully dan Arnis Reikstins memulai dengan sistem Linux dan MS DOS yang dikombinasikan dengan teknologi Wireless LAN (W-LAN) Aeronet berkecepatan 2Mbps di Moldova. Barulah kemudian melayani lima pelanggannya di Latvia, karena ambisi mereka adalah membuat satu peranti lunak router yang handal dan disebarkan ke seluruh dunia. Prinsip dasar Mikrotik ini bukan untuk membuat Wireless ISP (WISP), melainkan membuat program router yang handal dan dapat dijalankan di seluruh dunia. Hingga kini, MikroTik telah melayani sekitar empat ratusan pelanggannya.

  Linux yang mereka gunakan pertama kali adalah Kernel 2.2 yang dikembangkan secara bersama-sama dengan bantuan 5 - 15 orang staf R&D Mikrotik yang sekarang menguasai dunia routing di negara-negara berkembang.  Selain staf di lingkungan Mikrotik, menurut Arnis, mereka merekrut juga tenaga-tenaga lepas dan pihak ketiga yang dengan intensif mengembangkan Mikrotik secara maraton.

  yaps , letak Mikrotik sendiri berpusat di Riga, Latvia (Eropa Utara) mereka merupakan produsen software dan hardware router. Kelebihan mikrotik ini adalah menjadikan teknologi internet lebih murah, handal dan terjangkau luas. 
Hingga kini, hardware router yang di buat sangat banyak bahkan hingga beberapa versi.
  Aplikasi yang di gunakan juga tidak kalah banyak, salah satunya adalah winbox yang selalu di berikan pembaruan hingga kini pembaruan tersebut telah sampai ke V3. Fitur fiturnya juga tidak kalah banyak. Tetapi, jika kalian ingin mempelajari Mikrotik ini juga harus step by step / ses
  uai urutan, agar kalian tidak kesusahan ketika sedang menjalankan praktek. Jangan sampai ketika kalian mempelajari materi Mikrotik, kalian melompati hal yang tidak kalian bisa, jika tidak bisa praktekkan dahulu, jika memang sudah benar benar tidak bisa kalian baru bertanya, supaya kalian paham kesalahan kalian terletak di mana. 

B.Pengertian
     
  Mikrotik merupakan sebuah perusahaan yang bergerak dalam bidang networking yang memproduksi software maupun hardware untuk jaringan. Markas besar Mikrotik terletak di sebelah Utara Eropa, tepatnya di Kota Riga, Latvia (Eropa Utara). 

 C.Jenis-jenis Mikrotik

  • MikroTik RouterOS yang berbentuk software yang dapat di-download di www.mikrotik.com. Dapat diinstal pada kompuetr rumahan (PC).

  • MikroTik RouterBoard yaitu BUILT-IN Hardware Mikrotik dalam bentuk perangkat keras yang khusus dikemas dalam board router yang didalamnya sudah terinstal MikroTik RouterOS.
D.Fungsi Mikrotik

   Fungsi utama mikrotik adalah menjadikan sebuah komputer sebagai network router (Routing).Selain itu, mikrotik juga mempunyai fungsi untuk menjalankan aplikasi, meliputi:

  • -Aplikasi kapasitas akses Bandwith Management
  • -Aplikasi Firewall
  • -Wireless Access Point (Wi-Fi),
  • -Aplikasi Backhaul Link,
  • -Sistem Hotspot
  • -Virtual Private Netword (VPN) Server, dll.
E.Fitur-fitur dalam Mikrotik
  • Address List : Pengelompokan IP Address berdasarkan nama
  • Asynchronous : Mendukung serial PPP dial-in / dial-out, dengan otentikasi CHAP, PAP, MSCHAPv1 dan MSCHAPv2, Radius, dial on demand, modem pool hingga 128 ports.
  • Bonding : Mendukung dalam pengkombinasian beberapa antarmuka ethernet ke dalam 1 pipa pada koneksi cepat.
  • Bridge : Mendukung fungsi bridge spinning tree, multiple bridge interface, bridging firewalling.
  •  Data Rate Management : QoS berbasis HTB dengan penggunaan burst, PCQ, RED, SFQ, FIFO queue, CIR, MIR, limit antar peer to peer. 
 maaf jika kurang lengkap...klik di bawah sini jika ingin lengkap.
sumber:https://id.wikipedia.org/wiki/MikroTik 

Wassalamualaikum wr wb.

0 comments:

Post a Comment