Friday, November 4, 2016

Ganti Tema Moddle

Posted by YUSUF RICKY on 00:01 in | No comments
Ganti Tema Moddle
Assalamualaikum wr wb.
A.Pengertian
  Moodle (singkatan dari Modulator Object-Oriented Dynamic Learning Environment) adalah paket perangkat lunak yang diproduksi untuk kegiatan belajar berbasis internet dan situs web yang menggunakan prinsip social constructionst pedagogy. Moodle merupakan salah satu aplikasi dari konsep dan mekanisme belajar mengajar yang memanfaatkan teknologi informasi, yang
  dikenal dengan konsep pembelajaran elektronik atau e-learning. Moodle dapat digunakan secara bebas sebagai produk open source dibawah lisensi GNU. Moodle dapat diinstall di komputer dan sistem operasi apapun yang bisa menjalankan PHP dan mendukung database SQL.

B.Latar Belakang 
  Seiring marak dan berkembangnya pendidikan Online seperti E-Learning di Indonesia, maka dari itu CMS Moodle lah yang dipilih sebagai alternatif yang mudah digunakan. Agar Web Pembelajaran Online Moodle ini berfungsi optimal ketika digunakan di Indonesia, maka kita perlu mengubah tema default nya menjadi tema tertentu supaya tidak memebuat murid/anak didik bosan maupun jenuh dengan tampilan yang begitu-begitu saja.Untuk mengubah tema tertentu tentunya kita harus mengetahui langkah-langkah dari mengupload Tema di Moodle.

C.Maksud dan Tujuan
  Tujuan saya menambah tema pada Moodle adalah agar tema moodle lebih banyak dan bervariasi ketika admin ingin mengganti temanya,serta hal ini dapat mempercantik tampilan Moodle, menambah tema moodlenya yaitu dengan cara menguploadnya terlebih dahulu.

D.Jangka Waktu
(hanya 10 menit)

E.Alat Alat
1. Web Browser
2. CMS Moodle
3. PC / Laptop
4. Internet

F.Langkah Langkah
1. Pertama -tama download terlebih dahulu tema moodle sesuai keinginan. kalo saya download disini.
2.Selanjutnya klik menu Site Administrator --> Plugins --> Install Plugins.
3.Lalu klik tulisan "Choose a file" untuk memilih tema yang akan kita tambahkan.


 4.langung saja kita instal plugin!
5.setelah muncul tampilan seperti ini kalian jangan panik yha? jalan keluarnya adalah pilih tombol "upgrade moodle database now"
6.pilih continue karna disitu hanya ada continue

7.kita klik save canges saja.
8.Nahhh mengganti template sudah berhasil...kemudian kita pilih "use theme" .
9.dan setelah itu klik "Dashboar".

 Taraaaaa...

G.Refrensi
  • https://id.wikipedia.org/wiki/Moodle 
 semoga bermanfaat
Wassalamualaikum wr wb.

0 comments:

Post a Comment