Thursday, November 3, 2016

Install Moodle di Linux Mint

Posted by YUSUF RICKY on 01:04 in | No comments
Install Moodle di Linux Mint
 Assalamualaikum wr wb.
A.Pengertian
  MOODLE (singkatan dari Modular Object-Oriented Dynamic Learning Environment) adalah paket perangkat lunak yang diproduksi untuk kegiatan belajar berbasis internet dan situs web yang menggunakan prinsip social constructionist pedagogy.

B.Latar Belakang
  Dengan semakin majunya teknologi  maka kita semakin dimudahkan dalam pembelajaran dan juga dapat lebih menarik karena kita dapat meng-akses melalui laptop atau HP.Maka ini adalah salah satu aplikasi berbasisweb yang bisa kita gunakan.

C.Alat Alat
1.PC/Laptop
2.OS Linux 
3.Terminal
4.Web Browser
5.File CMS Moodle 
D.Maksud dan Tujuan
  Dengan menggunakan Moodle kita dapat membangun sistim dengan konsep E-Learning (pembelajaran secara elektronik) ataupun Distance Learning (Pembelajaran Jarak Jauh). Dengan konsep ini sistim belajar mengajar akan tidak terbatas ruang dan waktu. Seorang dosen/guru/pengajar dapat lebih mudah memberikan materi kuliah/pelajaran dari mana saja. Begitu juga seorang mahasiswa/siswa dapat mengikuti kuliah dari mana   saja
E.Langkah Langkah
1.Sebelum menginstall moodle pastikan kita harus sudah mengonfigurasi LAMP pada PC/server kita  (Linux Apache,MySQL,PHPMyadmin).
2.kemudian kita masuk ke super user lalu kita cek direktori dengan perintah "ls" setelah itu kita pindah file moodle dengan perintah caja/nemo.(lihat yang saya jajal)
 2.Setelah itu masuk kembali ke terminal dan kita extract terlebih dahulu file own nya.dengan perintah #unzip moodle-lates-31.zip



3.lalu kita beri hak milik dan hak akses untuk mengakses dan membuatperubahan pada owncloud-nya dengan perintah.  #chown -R www-data:www-data (file) 
4.Lalu kita buat folder untuk moodle,ya ini harus dilakukan untuk membuat directory agar nanti dapat melanjutkan proses penginstalan saat mengisi bagian pengisian database nanti.ketikkan pada terminal:
# cd /var/www/html
# ls
# rm -rf moodle data
# cd . .
# mkdir moodledata
# chmod 777 moodledata/
 
Seperti ini gambarnya:


5.sebelumnya kita buat terlebih dahulu database nya di phpmyadmin.

 6.lalu kita coba tes,ketikkan localhost/moodle pada url browser kita.maka tahapan penginstalan dimulai.langsung tekan next saja.


7.disini lah fungsi kita membuat folder directory diatas tadi bagian karenakita harus menyiapkan folder sendiri dan tempatnya pun bukan di html tapi di folder WWW.Karena kita sudah membuat tadi maka kita bisa langsung melanjutkan.klik Next.
8.kita pilih next saja.

9.disini lah fungsi kita membuat folder directory diatas tadi bagian (9) karenakita harus menyiapkan folder sendiri dan tempatnya pun bukan di html tapi di folder WWW.Karena kita sudah membuat tadi maka kita bisa langsung melanjutkan.klik Next.
10.di tahap ini kita pilih next/continue saja.
11.jika pada saat bagian ini ceklist nya hijau/centang semua maka langsung pilih continue saja.
12.selanjutnya akan muncul tampilan seperti ini terus saja arahkan kebawah dan langsung pilih continue.
13.Nah sampai disini kita buat username dan password dan jangan lupa perhatikan syarat-syarat pembuatan password-nya.

14.nNah kita coba login.
taraaaa...sampai disini yha??? konfigurasi yang lainya lain waktu.

F.Hasil dan Kesimpulan
  Moodle sangat efektif untuk digunakan sebagai sarana pembelajaran di sekolah-sekolah dan universitas. Dengan moodle, guru dapat memberikan materi berupa teks,web, animasi, multimedia, ebook, presentasi, diskusi, ujian, dan belajar online.Moodle dapat diinstall di komputer dan sistem operasi apapun yang bisa menjalankan PHP dan mendukung database SQL. Pada saat install moodle, ada hal-hal yang perlu diperhatikan dan dipahami mengenai moodle ini, mulai dari user yang akan diberikan, password yang harus dimasukkan.
G.Refrensi
  • https://id.wikipedia.org/wiki/Moodle
  • https://docs.moodle.org/31/en/Main_page
Wassalamualaikum wr wb.   

0 comments:

Post a Comment