Friday, November 18, 2016

Installasi BigBlueButtom

Posted by YUSUF RICKY on 10:10 in | No comments

Installasi BigBlueButtom

Assalamualaikum wr wb.
  Selamat datang di Blog saya,kali ini saya akan sharing materi tentang “Installasi BigBlue Buttom ”.
Langsung saja kita simak yha.

A.Pengertian

  BigBlueButton merupakan open source web conferencing sistem yang dikembangkan terutama untuk pendidikan jarak jauh. Hal ini didasarkan pada GNU / Linux sistem operasi. Selain berbagai layanan web conferencing, memiliki integrasi untuk berbagai pembelajaran dan sistem manajemen konten.
  BigBlueButton mendukung beberapa audio dan video sharing, presentasi dengan kemampuan diperpanjang papan tulis - seperti pointer, zooming dan menggambar - obrolan publik dan swasta, desktop sharing, VoIP terpadu menggunakan FreeSWITCH , dan dukungan untuk presentasi dokumen PDF dan dokumen Microsoft Office. Selain itu, pengguna dapat memasukkan konferensi di salah satu dari dua peran: viewer atau moderator.
 
B.Latar bekalang
 
Latar belakang saya menginstall bigbluebuttom ini karena saya agar bisa melakukan sebuah percakapan ataupun video call dengan menggunakan bigbluebuttom ini.


C.Maksud dan tujuan   Maksud dan tujuan saya adalah dengan kita menggunakan bigbluebuttom ini kita bisa berkomunikasi satu sama lain walaupun tidak langsung melainkan melalui media elektronik.

D.Waktu yang dibutuhkan
(Waktu yang dibutuhkan sekitar 30 menit )

E.Alat dan bahan 
1.File zip dari bigbluebuttom
2.PC/Laptop 
3.koneksi internet

F.Tahap pelaksanaan
1.Pastikan kita sudah punya file bigbluebuttom nya dengan format zip.
2.Kita masuk di Moodle kita terlebih dahulu sebagai admin,setelah kita masuk di Moodle kita pilih “Site Administration → Plugin → Install Plugin”
3.Kita masukkan file bigbluebuttom yang berformat zip tadi di “Install Plugin from ZIP file”.Jika sudah kita klik “Install Plugin from ZIP file”
4.Kita klik “Continue” saja 
 5.Langsung kita klik “Upgrade Moodle database now”
6.Kita klik “Continue” lagi
7.Nahh,sampai pada tahap ini kita langsung saja kebawah dan klik “Save Changes” 


G.Hasil dan kesimpulan   Hasilnya saya bisa menginstall bigbluebuttom yang nantinya akan dijadikan sebagai media komunikasi dalam pembelajaran di Moodle.
 
H.Referensi
  • www.Moodle.org 
Wassalamualaikum wr wb.

0 comments:

Post a Comment