Tuesday, October 25, 2016

Etherchannel configuration PaGP

Posted by YUSUF RICKY on 00:45 in | No comments
Assalamualaikum wr wb.

A.Pengertian
  Etherchannel adalah suatu teknologi trunking yang digunakan oleh switch Cisco catalyst dimana sejumlah fisikal port pada device digabung menjadi satu jalur logika dalam satu buah port group. Fungsinya untuk meningkatkan kecepatan koneksi antar switch, router ataupun server dan jika salah satu port atau jalur rusak maka port group akan tetap bekerja menggunakan jalur atau port yang lain.EtherChannel juga menyediakan bandwidth yang lebih banyak. Trunk-trunk pada EtherChannel berada pada status forwarding semua atau blocking semua, karena STP memperlakukan semua trunk pada EtherChannel sebagai 1 trunk. Saat EtherChannel berada pada status forwarding, maka switch akan melakukan load-balance (membagi rata) traffik pada semua trunk, sehingga bandwidth yang tersedia jadi lebih banyak. Etherchannel dapat dikonfigurasikan dengan dua hingga delapan active Fast Ethernet, Gigabit Ethernet atau 10 Gigabit Ethernet port. Jadi jika menggunakan 8 jalur/port bisa menghasilkan kecepatan 800 Mbit/s, 8 Gbit/s atau 80 Gbit/s.

Protokol yang berkaitan dengan Etherchannel :
  • Link Aggregation Control Protocol (LACP) ink Aggregation Control Protocol merupakan bagian dari spesifikasi IEEE 802.3ad yang mengijinkan pengguna untuk menggabungkan beberapa port fisikal bersama menjadi sebuah channel logical tunggal.
  • Port Aggregation Protocol (PAgP) AgP membantu pada pembuatan otomatis dari link Etherchannel. Paket PAgP dikirim di antara port yang bisa Etherchannel dalam tujuan untuk negosiasi formasi dari channel.
B.Latar Belakang
  Menggunakan EtherChannel memiliki banyak keuntungan, dan mungkin aspek yang paling diinginkan adalah bandwidth. Menggunakan maksimum 8 port aktif total bandwidth 800 Mbit / s, 8 Gbit / s atau 80 Gbit / s sangat memungkinkan tergantung pada kecepatan port. Hal ini dapat digunakan dengan Ethernet yang berjalan pada kabel twisted pair, single-mode dan serat multimode.Karena EtherChannel mengambil keuntungan dari kabel yang ada membuatnya sangat scalable. Hal ini dapat digunakan di semua tingkat jaringan untuk membuat link bandwidth yang lebih tinggi sebagai lalu lintas kebutuhan peningkatan jaringan. Semua switch Cisco memiliki kemampuan untuk mendukung EtherChannel. Ketika sebuah EtherChannel dikonfigurasi semua adapter yang merupakan bagian dari saluran berbagi Layer 2 yang sama (MAC). Hal ini membuat EtherChannel transparan untuk aplikasi jaringan dan pengguna karena mereka hanya melihat satu koneksi logis.   

Agregat EtherChannel lalu lintas di semua port aktif tersedia dalam saluran. Port yang dipilih menggunakan algoritma Cisco-proprietary hash, berdasarkan alamat sumber atau tujuan MAC, alamat IP atau TCP dan UDP nomor port. Fungsi hash memberikan angka antara 0 dan 7.Etherchannels dapat juga dikonfigurasi sebagai trunk VLAN. Jika ada link tunggal dari sebuah EtherChannel dikonfigurasi sebagai trunk VLAN maka EtherChannel keseluruhan akan bertindak sebagai VLAN trunk. Cisco ISL, VTP dan IEEE 802.1Q kompatibel dengan EtherChannel.

C.Alat Alat
  • Laptop/pc
  • Cisco packet tracker
D.Langkah Langkah

1. Pertama - tama kita buat topologi seperti berikut.


2. Kemudian kita konfigurasikan PaGP di semua interface 1-3 Switch diatas.Untuk modenya kita gunakan mode "desirable".Serta konfigurasi port-channel 1 menjadi mode trunk.

 SW1:
Switch>en
Switch#conf t
Enter configuration commands, one per line. End with CNTL/Z.
Switch(config)#int range fa0/1-3
Switch(config-if-range)#channel-group 1 mode desirable
Switch(config-if-range)#exit
Switch(config)#int port-channel 1
Switch(config-if)#switchport mode trunk
Switch(config-if)#exit

SW2:
Switch>en
Switch#conf t
Enter configuration commands, one per line. End with CNTL/Z.
Switch(config)#int range fa0/1-3
Switch(config-if-range)#channel-group 1 mode desirable
Switch(config-if-range)#exit
Switch(config)#int port-channel 1
Switch(config-if)#switchport mode trunk
Switch(config-if)#exit

3. Setelah itu,kita cek port-channelnya.Maka jenisnya akan menjadi desirable dan protokolnya menjadi PaGP seperti berikut.
>sw1

>sw2


4. Setelah konfigurasi diatas Indikator Port pada Switch akan berubah menjadi merah, agar menjadi hijau lakukan "shutdown dan no shutdown kembali" pada setiap interface.


NB :Setelah itu kita int fa0/1-3 lalu "shutdown dan no shutdown".


5 Selanjutnya coba kita tambahkan host baru pada setiap switch tetapi masih sejaringan. dan jangan lupa kita beri IP.


6. Kemudian kita coba ping dari PC ke Laptop dan sebaliknya,atau kita kirim pesan seperti gambar berikut...nanti jika sudah berasil akan tertulis succesfull.

E.Refrensi:
  • Ebook : MODUL CISCO IDN.pdf
  • https://ivanzramadhanz.blogspot.co.id/2016/08/konfigurasi-etherchannel-lacp-pada.html
wassalamualaikum wr wb.

0 comments:

Post a Comment