Wednesday, November 16, 2016

Memasukkan link video dari youtube di Moodle

Posted by YUSUF RICKY on 09:15 in | No comments

Memasukkan link video dari youtube di Moodle
 
Assalamualaikum wr wb.

  Selamat datang di Blog saya,kali ini saya akan sharing materi tentang “Memasukkan link video dari youtube di Moodle”. Langsung saja kita simak,Let's go.
 
A.Pengertian   Moodle merupakan sebuah aplikas web yang mana di dalamnya dapat digunakan sebagai media pembelajaran atau E-Learning.Di dalam Moodle harus kita optimalkan fitur-fitur yang sudah tersedia.Disini saya akan mengoptimalkan Moodle yaitu bagaimana.
 
B.Latar bekalang
 
Latar belakang saya memberikan link video ini adalah untuk memberikan penjelasan kepada user agar melihat sebuah cuplikan video yang akan dijadikan sebuah materi pembelajaran.

C.Maksud dan tujuan
Agar user dapat lebih memahami materi dengan melihat videonya dengan langsung dari Moodle.


D.Waktu yang dibutuhkan  
(Waktu yang dibutuhkan sekitar 15 menit.)

E.Alat dan bahan
1. Moodle
2. Koneksi internet


F.Tahap pelaksanaan 
1.Masuk di Moodle kita terlebih dahulu,jika kita ingin me-link kan video,kita harus masuk pada kelas yang sudah kita buat terlebih dahulu.Seperti gambar dibawah ini saya akan memberikan link video pada kelas XII Teknik Komputer dan Jaringan.Klik saja pada kelasnya.






2.Jika kita sudah masuk pada kelasnya,kita harus menghidupkan mode edit nya terlebih dahulu,kita klik ”Turn editing on" pada bagian kanan atas layar.




3.Setelah kita menghidupkan mode edit nya di kelas yang akan kita berikan link video,maka akan muncul tanda edit yang berada dikelas tersebut.Kita klik “edit”






4.Maka tampilan edit nya akan tampil seperti gambar dibawah ini.Di bagian General ada Section name dan Summary,isikan saja
>Section name: Apa yang akan dibahas
>Summary: isikan materi ringkasan yang simple
Nah di Summary nya kita akan me-link kan video yang akan menjadi bahan ajar.Kita boleh memberikan teks atau tidak,terserah kita saja. 
  Kalau disini saya memberikan sebuah teks sedikit untuk bacaan.Dan user saya,saya suruh untuk memutar video yang mana terdapat penjelasan yang lebih lengkap lagi.Saya akan menampilkan videonya di atas teks.


5.Jika ingin me-link kan videonya kita tinggal klik tombol berikut seperti dibawah ini.


6.Masukkan URL videonya dan nama untuk videonya.Jika sudah tinggal kita klik “Insert media” saja


7.Lalu kita save dengan klik tombol “Save changes”

8.Maka hasilnya akan seperti gambar dibawah ini.


G.Hasil dan kesimpulan 
  Hasilnya saya dapat memberikan referensi yang berupa video di Moodle,yang akan dilihat sebagai bahan ajar user.
 
H.Referensi
  • www.Moodle.org 
Sekian materi yang bisa saya sampaikan,semoga bermanfaat.
Wassalamualaikum wr wb.

0 comments:

Post a Comment